Minggu, 26 Juli 2009

Waspadai Bencana Alam.

BENCANA DAHSYAT MENGANCAM INDONESIA

-

bencana-1

-

Asia-Pasifik menghadapi sebuah era bencana alam dalam skala besar yang bisa menewaskan sampai 1 juta orang pada satu waktu. Indonesia, Filipina, dan China mempunyai risiko yang paling besar menurut sebuah laporan Australia hari Jumat lalu (26 Desember 2008). Masalahnya, bencana terjadi di daerah padat penduduk serta perubahan iklim yang meningkatkan potensi bencana.

-

Prediksi itu dilakukan ilmuwan Australia yang menganalisis potensi gempa bumi, tsunami, letusan gunung dan topan berdasarkan pola gempa 400 tahun terakhir. Kajian itu menemukan, kota-kota di sabuk Himalaya, China, Indonesia, dan Filipina dapat mengalami gempa bumi dengan korban tewas bisa mencapai 1 juta orang. Indonesia dan Filipina juga menghadapi risiko gunung meletus yang bisa mempengaruhi ratusan ribu orang.

-

Demikianlah bagian dari laporan ilmiah yang dikutip oleh surat kabar Sudney Morning Herald. Laporan tersebut dikeluarkan oleh badan pemerintah Geosiencece Australia. Potensi bencana itu telah mendorong Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, dan Presiden Susilo Bambang Yudoyono untuk menciptakan sebuah pusat penelitian dan pelatihan bencana gabungan.


“Bencana Dahsyat Bisa Menimpa Indonesia”

bencana-2

-

-

gempa-bumi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar